Berfokus Pada Sasaran

Pada tahap ini kita mengajukan pertanyaan kunci sebagai berikut:

1. Apa sih yang ingin aku capai?
2. Apa yang aku ingin sampaikan?
3. Masalah apa sih yang sebenarnya ingin aku pecahkan?
4. Hasil akhir seperti apa yang ingin aku hasilkan?
5. Gimana biar aku bisa manfaatkan gagasan ini?
6. Gagasan ini membawa aku ke mana? Apa yang bisa aku lakukan terhadapnya?

Ini semua bertujuan untuk mengklarifikasi maksud atau tujuan proses kreatif Anda. Dalam proses kreatif, kita akan menghadapi beberapa tantangan yang bisa jadi amat rumit. Jika di saat itu kita terlalu tenggelam dalam lubang tantangan, maka kita akan jadi mudah kehilangan arah. Maka di setiap waktu dalam proses kreativitas kita layak untuk selalu bertanya, “Aku ini sebenarnya pengennya ngapain, sih?”

Di saat Anda macet, bingung atau tersesat di tengah2 sebuah proyek kreatif, penting bagi Anda untuk kembali mengingatkan diri ke arah mana sebenarnya Anda ingin menuju. Klarifikasi ini dimaksudkan untuk membuat Anda bisa segera keluar dari kubangan. Pun juga berguna untuk membantu Anda membuat pilihan atas alternatif atau pendekatan yang terlihat sama2 menariknya.

Untuk mengklarifikasi hal2 yang ingin Anda peroleh, Anda perlu berpikir strategis, tidak berburu-buru, logis dan berpikiran jernih, serta tidak takut mengajukan pertanyaan yang sulit.

Dalam fase klarifikasi ini, tidak hanya Anda dituntut untuk benar2 memahami ke mana arah Anda hendak menuju dan tabiat dari permasalahan Anda, namun lebih dari itu, Anda juga perlu memahami diri sendiri, motif dan pengharapan pribadi yang Anda punya. Begitupun dalam memilih beberapa tawaran asuransi, apabila Anda bingung saya sebagai financial advisor siap untuk membantu Anda dalam hal memilih asuransi.

Salam Sejahtera,

Ibnu AR Sulaksana

HP:08121130617 / 022 95200269

YM:i3nu.sulaksana@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

