Mempersiapkan Dana Pendidikan

HARUS diakui, makin kemari, biaya hidup memang makin mahal. Begitu juga dengan biaya pendidikan. Karena itu, mereka yang peduli dengan masa depan pendidikan anak-anaknya, jauh-jauh hari telah mempersiapkan biaya untuk si buah hati. Sebagian masyarakat kita memang sudah menyadari pentingnya mempersiapkan biaya pendidikan anak. Tak sedikit orang tua yang menyisihkan penghasilannya untuk dibelikan produk keuangan untuk biaya pendidikan putra-putrinya.

Nah, para orang tua yang hendak membeli produk keuangan untuk persiapan dana pendidikan bagi sang anak, bisa memilih tiga jenis produk keuangan, yakni asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, dan investasi pendidikan. Sebelum membeli produk tersebut, alangkah baiknya jika mengenali karakteristik ketiga produk tersebut. Apa untung ruginya membeli produk tersebut? Hal itu penting dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat maksimal.

Tujuan utama asuransi pendidikan adalah mengalihkan risiko anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan ketika hal buruk menimpa orang tua sehingga tidak bisa lagi mencari uang. Jadi, tujuannya lebih untuk berjaga-jaga.

Sementara, tujuan utama tabungan pendidikan adalah �MEMAKSA� orang tua untuk menyisihkan sebagian penghasilannya guna pendidikan anak. Imbal hasil yang didapat biasanya sama dengan bunga tabungan biasa. Tabungan pendidikan tidak bisa memberikan imbal hasil yang maksimal. Produk ini lebih untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan yang mendesak.

Bagaimana dengan investasi pendidikan? Ada beberapa orang tua yang menyisihkan pendapatannya untuk diinvestasikan sehingga uang mereka bisa berkembang lebih cepat. Karena sifatnya investasi, mereka pun bisa mengambil risiko yang lebih besar dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula. Hal itu dilakukan mengingat biaya pendidikan yang makin hari makin mahal.

Selain ketiga produk itu, kini orang tua memiliki alternatif produk kombinasi asuransi dan investasi. Produk ini menawarkan kemudahan bagi mereka yang ingin menginvestasikan dana pendidikan di asuransi dan investasi sekaligus. Selain memberikan hasil yang maksimal, produk ini memberikan proteksi.

Mereka yang memahami investasi, punya dana lebih, dan punya waktu lebih untuk menanganinya bisa mengambil produk keuangan secara terpisah, yaitu asuransi, tabungan, atau investasi. Sementara, mereka yang tidak begitu memahami investasi dan tidak memiliki waktu lebih, bisa mengambil produk gabungan tadi.
Intinya, dengan menyisihkan uang tiap bulan dan mengalokasikannya di tempat yang tepat, kita bisa menghasilkan dana pendidikan yang paling maksimal untuk anak-anak kita.

Sumber : http://www.infobanknews.com

Salam Sejahtera,

Ibnu AR Sulaksana

HP:08121130617 / 022 95200269

YM:i3nu.sulaksana@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: