Bersakit-Sakit Dahulu Bersenang-senang Kemudian !!!

Berapapun usia Anda sekarang ini, pensiun adalah momen yang akan Anda hadapi. Karena pensiun adalah suatu kepastian yang akan Anda hadapi Kelak di kemudian hari maka seyogyanyalah setiap orang mempersiapkan diri untuk memasuki era baru dalam kehidupan itu. Persiapan psikologis, mental-spiritual, kesehatan dan tentu saja finansial.

Pasti Anda bertanya dalam diri Anda yang merupakan pertanyaan penting bagi Anda : apakah kita pernah berpikir tentang pensiun? Apakah Anda khawatir memasuki masa pensiun? Bagaimana Anda mengelola keuangan di saat pensiun di tengah gejolak inflasi dan pajak yang mengurangi daya beli?

Untuk dapat menjalani masa pensiun dengan baik, diperlukan persiapan, salah satunya adalah persiapan di bidang perencanaan keuangan. Dana yang dimiliki pensiunan harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan hasil yang lebih besar untuk membiayai kebutuhan hidup pensiunan, khususnya untuk pemeliharaan kesehatan yang semakin hari semakin mahal. Sumber dana pensiunan biasanya berasal dari Jamsostek, dari program dana pensiun perusahaan dan juga tabungan pribadi.

Hal-hal yang mengancam pensiun itu jauh lebih serius daripada yang seringkali dipikirkan orang. Masalah keluarga yang berakhir dengan perceraian, masalah berhenti bekerja (karena pensiun) dan masalah kesehatan, seperti diabetes, stroke, kanker dan gangguan jantung, merupakan ancaman yang berbahaya bagi para pensiunan.

Dalam hubungan ini perlu diperhatikan beberapa nasihat berikut:

  • Menabunglah sebelum datang masa sempitmu, Jangan tunda, mulailah menabung sekarang juga untuk pensiun nanti.
  • Tentukan target yang realistis, Perkirakan berapa besar dana yang akan Anda dan keluarga butuhkan untuk pensiun nanti.
  • Perencanaan Keuangan, Proteksi diri dan keluarga Anda dengan perencanaan untuk kesehatan, cacat dan penyakit kritis. Karena tanpa perencanaan kita patut bertanya pada diri kita, apakah dana pensiun yang kita himpun akan cukup membiayai perawatan dan pengobatan jika sakit ?
  • Jagalah kesehatan: dengan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (medical checkup) dan mencari cara untuk menghilangkan stress. Kesehatan fisik dan mental pensiunan biasanya semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia, dan ini tentu memerlukan dana yang semakin besar untuk pemeliharaan dan perawatannya.
  • Investasi Dini Kelebihan dana sekarang bisa kita alokasikan untuk investasi apapun bentuknya
  • Jagalah keutuhan keluarga Anda.
  • yang lebih penting selalu BERDOA.

Beberapa Pertanyaan dalam Benak Anda :

Bagaimana dengan kita sekarang?

Apakah kita sudah mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun yang mau tidak mau akan datang?

Bagaimana persiapan anggota keluarga dalam menyikapi datangnya masa pensiun Anda?

Apakah rencana Anda di masa pensiun nanti?

Kekhawatiran apa sajakah yang Anda hadapi ketika dihadapkan dengan masa pensiun?

Lebih jauh lagi, jenis investasi apakah yang cocok bagi Anda di masa pensiun?

Dan jenis usaha apakah yang cocok untuk mengisi hari-hari pensiun Anda nanti?

Siapkah kita untuk masa pensiunan ?

Jangan tunda untuk memikirkan ini. Selagi masih muda dan punya kemampuan, WHY NOT ? Tunggu Apa lagi Anda Serius silahkan klik Perencanaan Keuangan

Salam Sejahtera,

Ibnu AR Sulaksana

08121130617 atau YM : i3nu.sulaksana@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: